PROMOTION MIX
PROMOTION MIX
Definisi Promosi
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam
menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk
melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
Tujuan Promosi
1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial 2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit 3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan 4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar 5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing6. Membentuk citra produk dimata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
Bauran Promosi
Bauran promosi merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada
untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan
dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebelum melakukan promosi sebaiknya
dilakukan perencanaan matang yang mencakup bauran promosi sebagai berikut :
1. Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, katalog, poster, dll.
2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.
4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.
5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.
6. Personal selling yang dilakukan tatap muka langsung.
2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.
4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.
5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.
6. Personal selling yang dilakukan tatap muka langsung.
Bicara soal manfaat, kontribusi advertising bagi perusahaan jelas tidak
dapat disepelekan. Bahkan, periklanan memegang
kunci penting, terutama dalam hal pelaksanaan promosi perusahaan. Di dalam aktivitas perusahaan, advertising/periklanan merupakan bagian
dari promotion mix/ bauran promosi.
Promotion
Mix adalah kombinasi
strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling, dan
alat promosi yang lain, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program
penjualan. Dari definisi
dapat disimpulkan bahwa variabel Promotion Mix ada lima yaitu :
1. Periklanan (advertising)
Periklanan
merupakan bentuk komunikasi non individu dengan sejumlah biaya dengan media
tertentu yang dilaksanakan oleh perusahaan, organisasi non laba ataupun para
individu. Adapun tujuan utama periklanan adalah meningkatkan permintaan atas
produk yang ditawarkan. Sedangkan manfaat periklanan adalah :
a.
Memungkinkan penjual untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus.
b.
Memungkinkan penjual untuk menyebarkan informasi tentang produk dan perusahaan.
c.
Memungkinkan penjual untuk mendramatisir perusahaan dan produknya melalui
penguunaan
cetakan, suara dan warna yang menarik perhatian.
2. Penjualan Personal (personal Selling)
Personal
Selling merupakan usaha untuk
memperkenalkan suatu produk melalui komunikasi langsung (tatap muka) agar
konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Sebagai salah satu
variabel dari promosipersonal selling memungkinkan
penjual untuk :
a.
Mengadakan hubungan langsung dengan calon pembeli sehingga penjual lebih dapat
mengamati karakteristik beserta kebutuhan pembeli.
b.
Memperoleh tanggapan dari calon pembeli.
c.
Membina berbagai macam hubungan dengan pembeli baik dalam hubungan bisnis
maupun persahabatan yang erat. Jadi, dalam personal
selling terjadi interaksi
langsung, saling bertemu muka antara pembeli dengan penjual, sehingga dapat
diketahui secara langsuing
keinginan,
perilaku dan motif pembelian dari konsumen, sekaligus dapat melihat reaksi
konsumen. Dengan demikian perubahan dapat lebih segera mengadakan penyesuaian
penyesuaian.
3. Hubungan masyarakat (publicity)
Menurut
Basu Swastha (2000:273), publisitas adalah sejumlah informasi tentang
seseorang, barang, atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat melalui
media tanpa dipungut biaya, ataupun tanpa pengawasan dari sponsor. Bila dibandingkan
dengan alat promosi yang lain, publisitas memiliki beberapa kebaikan antara
lain :
a.
Lebih dapat dipercaya, sebab berupa suatu berita bukan iklan
b.
Dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca iklan
c.
Jauh lebih murah, karena tanpa biaya
d.
Dapat ditempatkan pada halaman depan dari sebuah surat kabar atau pada posisi
lain yang menyolok
.
4. Promosi penjualan (sales promotion)
Promosi
penjualan merupakan kegiatan pemasaran selain personal
selling, periklanan dan publisitas yang mendorong efektifitas pembelian konsumen dan pedagang dengan
menggunakan alat seperti peragaan, pameran,demonstrasi dan sebagainya.
Berikut
adalah metode-metode promosi penjualan :
a.
Pemberian contoh barang secara cuma-cuma, ini merupakan salah satu alat promosi
penjualan yang dianggap paling mahal tapi juga paling efektif.
b.
Kupon berhadiah, cara ini sangat efektif karena membuat orang mudah tertarik.
c.
Rabat, merupakan pengurangan harga yang diberikan kepada pembeli
d.
Potongan harga
e.
Peragaan, memamerkan barang-barang pada waktu tertentu, tempat dan
situasi
tertentu.
5. Pemasaran langsung (direct marketing)
hubungan langsung dengan pelanggan yang ditargetkan secara tepat
dengan tujuan mendapatkan tanggapan sesegera mungkin untuk menciptakan hubungan
baik dengan pelanggan yang langgeng. Meliputi telemarketing, catalog, pasang
poster di kios-kios, iklan via internet dll.
penggunaan surat, telepon, faksimil, e-mail dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.
Langkah untuk Menyusun Bauran Promosi
1. Determine Your Target Market / Tentukan Target market anda
Segmen dari orang-orang yang memerlukan atau mendapatkan manfaat dari jasa atau produk anda adalah Target Market anda. Dengan memahami prilaku dan sikap mereka akan membantu anda merancang pesan yang baik dan memilih cara yang terbaik dalam menjangkau mereka.2. Determine Your Objectives / tentukan sasaran anda
Anda harus menentukan respon yang anda inginkan dari target pasar anda seperti, memotivasi mereka untuk menclik ke Website anda atau Web ad.3. Design Your Message / rancang pesan anda
Rancangan dari komunikasi anda menyertakan dua faktor utama yaitu: content and format. Content. Konten adalah kata-kata dan gambar yang anda gunakan untuk menarik target market anda. Anda harus memberikan saran mengapa mereka harus merespon pesan andaFormat. Masing-masing elemen dari bauran promosi memiliki kebutuhan format tersendiri. Misalnya Web advertising bergantung pada grafis, kejelasan dan warna, sementara personal selling melibatkan presentasi terstruktur, handouts untukberinteraksi dengan konsumen potensialnya.4. Select Your Promotional Channels / Pilih saluran promosi anda
Dengan memilih metode terbaik untuk menyusun pesan anda dan mengekstraksi most value dari sumber daya finansial dan kreatif anda anda dapat menyusun sebuah program komunikasi pemasaran terintegrasi yang memperkuat karakter perusahaan anda di benak konsumen5. Determine Your Budget / tentukan anggaran anda
Cara termudah dalam menentukan anggaran dalah mengesimtasi berapa banyak yang dihabiskan oleh kompetitior dan menyamainya. Cara lain adalah dengan menyusun metode promosi yang anda inginkan, lalu buat biaya aktual dari masing-masing saluran promosi tersebut, lalu susun sampai menemukan anggaran yang tepat untuk anda.6. Determine Your Promotional Mix / tentukan bauran promosi anda
Ketika sudah menyelesaikan tahap-tahap diatas, anda tentu anda sudah dapat menenutkan bauran promosi anda. Sekaran waktunya memformulasikan bauran promosi aktual anda. Metode umum untuk secara aktual menempatkan baruan promosi anda secara tertulis adalah dengan persentase dari anggran promosi keseluruhan anda.7. Measure The Results Of The Implemented Program And Adjust As Needed / mengukur hasil dari program yang di implementasikan dan menyesuaikan jika dibutuhkan.
Peningkatan sales akan menjadi patokan untuk mengukur masing-masing kendaraan promosi yang anda gunakan. Anda perlu untuk mengevaluasi bauran promosi anda tidak hanyak untuk mengkoreksi kendaraan promosi yang tidak efektif namun juga utnuk menyesuaikan untuk pertumbuhan.Sumber:
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)

Tidak ada komentar :
Posting Komentar